Cara merawat burung kicauan

sekarang ini banyak masyarakat memelihara burung kicau.mereka merawat dengan beberapa alasan selain karena kecintaan terhadap burung itu sendiri ada karena niat untuk bisnis yaitu menjualnya kembali dengan harapan keuntungan dari penjualan tersebut.ada juga karena hobinya mengikuti kontes burung karena dari kontesan tersebut kita bisa mendapatkan keuntungan yaitu uang hadiah dan naiknya harga burung yang kita miliki.

pemeliharaan burung itu berbeda-beda perlakuannya tergantung dari jenis burung itu sendiri namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara burung kicau dan ini berlaku untuk semua burung kicauan.berikut adalah hal-hal yang dapat anda lakukan ketika memelihara burung kicauan.
burung peliharaan
Burung peliharaan


1.Perhatikan ketersediaan pakan dan air minum

ketersediaan pakan dan air minum harus selalu kita kontrol biasakan untuk kita kontrol di pagi hari sebelum burung tersebut kita pindahkan ke tempat yang biasanya kita gantungkan.beberapa kejadian tempat pakan itu tumpah karena kelakuan burung tersebut sehingga kita harus selalu pastikan ketersediaan pakan dan minumnya.

2.Perhatikan dan pastikan kebersihan kandang burung

Kebersihan kandang bisa kita lakukan di pagi atau sore hari namun kebanyakan orang melakukan kebersihan kandang di pagi hari hal itu agar suasana kandang sepanjang hari dalam keadaan yang bersih dan ini sangat penting bagi kesehatan burung itu sendiri.

3.Pastikan setiap hari burung mendapat penyinaran matahari yang cukup

Di pagi hari ketika matahari mulai muncul alangkah baiknya kita simpan burung kita di tempat yang bisa tersinari oleh sinar matahari.sinar matahari pagi sangat baik buat kesehatan burung seperti halnya bagi kita sinar matahari pagi memberikan banyak manfaat buat kesehatan karena dapat mengurai vitamin D yang ada dalam tubuh kita.

4.Perhatikan kebersihan burung dengan memandikannya secara rutin

Memandikan burung bisa anda lakukan di dua waktu yang berbeda namun itu cukup sekali sehari.anda bisa memandikan burung di pagi hari sebelum anda jemur burung dan pilihan waktu ini lebih baik karena setelah burung mendapat siraman air ia bisa menghangatkan tubuhnya dengan sinar matahari.Jika anda tidak memiliki banyak waktu di pagi hari anda bisa memandikan burung itu di malam hari karena ini akan membuat burung bisa istirahat dengan maksimal karena sebelumnya sang burung kedinginan dengan siraman air yang kita berikan.

5.perhatikan penyimpanan burung itu agar jauh dari polusi yang bisa membuatnya sakit.

Perhatikan penyimpanan burung dalam rumah anda namun hal yang penting jauhkan dari polusi udara yang ada di rumah jangan sekali-kali burung itu anda simpan dalam ruangan dapur karena dapur memiliki banyak polusi terutama polusi udara yang bisa membuat kesehatan burung itu terganggu.


itulah hal-hal yang harus menjadi perhatian kita ketika kita memutuskan untuk memelihara burung.burung itu memang menyenangkan sebagai hewan peliharaan terutama suara kicau nya yang bisa menyejukan lingkungan rumah kita dan membawa suasana damai bagi rumah kita.

semoga kita bisa memiliki burung piaraan yang bisa memiliki ikatan langsung dengan kita dan memberikan manfaat buat sisi psikologi kita dari suara kicau yang dihasilkan dari burung tersebut.

0 Response to "Cara merawat burung kicauan"

Post a Comment